Cara Mengelola Domain Dengan Manage Dns - Hostingterbaik

Review hosting dan domain terbaik, murah, dan gratis dalam dan luar negeri

Home Top Ad

Post Top Ad

Monday, April 23, 2018

Cara Mengelola Domain Dengan Manage Dns

Cara Mengelola Domain Dengan Manage Dns - Apakah anda sudah membeli domain ( lebih tepatnya sebenarnya menyewa domain) ? Jika sudah maka pada tahapan berikutnya anda harus mengelola dan mengatur nama domain yang sudah dibeli dari registrar (penyedia domain). Untuk keperluan pengelolaan maka anda membutuhkan dua alternatif yang bisa dipilih seperti berikut :

Pertama, mengelola domain melalui manage domain name sistem. Manage dns merupakan sarana yang disediakan oleh penjual/registrar domain untuk para klien yang sudah mendaftarkan domain melalui mereka. Biasanya layanan manage dns diberikan secara cuma cuma atau dalam satu paket pembelian.

Beberapa pengetahuan penting yang sebaiknya diketahui adalah dengan memahami istilah A Record, CNAME, MX record dan NS Record. A Record digunakan oleh pengguna yang ingin mengarahkan domainnya melalui IP public yang menjadi server suatu penyedia hosting.

CNAME merupakan alias atau catatan pengganti yang umumnya berfungsi untuk mengarahkan nama domain tanpa melalui IP ke suatu server hosting. MX Record ( mail exchange record) dipakai untuk keperluan pemanfaatan email dengan nama domain sendiri pada suatu email server.

Sementara Name server (NS) merupakan nama server yang dipakai oleh suatu perusahaan hosting atau pihak yang menjual layanan web hosting sesuai IP publik yang dimilikinya. Lalu apa manfaat memakai layanan manage dns untuk domain anda ?

- Anda bisa mengarahkan domain ke hosting manapun sesuai kebutuhan. Anda bisa setiap saat mengubah A record, cname dan ns secara langsung tanpa melibatkan pihak lain.

- Anda bisa memakai layanan web hosting gratis atau dengan kata lain tanpa menyewa web hosting pun website anda tetap bisa online. Contohnya ketika anda punya domain namaanda.com, lalu anda hostingkan secara gratis di google lewat layanan custom blogspot.

- Anda bebas memindahkan domain anda kapanpun ke registrar lain ( transfer domain ) dengan kode rahasia yang bernama EPP. Mohon dicatat sebagian penjual tidak menyediakan EPP secara langsung, oleh karena itu tanyakan hak anda sebelum membeli domain, jangan setelah terlanjur membeli.

Kedua, mengelola domain melalui akun web hosting. Untuk mengelola domain lewat akun hosting yang anda sewa maka setidaknya anda sudah belajar sedikit , minimal paham dengan cara membuat website dengan wordpress lewat akun hosting. Ini standar minimal. Biasanya anda bisa dengan mudah mendapatkan bantuan dari penyedia layanan web hosting tempat anda berlangganan.

Lalu mana yang harus anda pilih, apakah sebaiknya membeli domain sekaligus sewa hostingnya atau membeli domain saja tanpa hosting karena anda ingin mengelola lewat manage dns nantinya? Tiap orang punya pilihan dan pengalaman, cara yang terbaik adalah dengan mencoba kedua duanya, agar kita lebih tahu mana yang lebih praktis.

Sebab tak ada aturan baku, semua orang hanya ingin agar websitenya segera online dan bisa segera dipakai untuk keperluan yang sudah ditentukan pada awal pembelian.

Post Top Ad