ads

Pengertian Server Hosting Dan Gambarannya

source: pixabay.com

Pengertian Server Hosting Dan Gambarannya - Apa arti dari server hosting yang biasanya dibicarakan oleh para pengembang website? Server secara sederhana dapat diartikan sebagai komputer yang hidup terus menerus selama 24 jam , 7 hari dalam seminggu dan 365 hari dalam setahun

Ini adalah prinsip sederhana yang memudahkan kita semua dalam memahami arti server pada suatu perusahaan web hosting. Dalam istilah lain server juga dikaitkan dengan akar katanya yang berasal dari bahasa Inggris , serve :melayani atau menyajikan, memenuhi kebutuhan dengan kondisi tertentu.

Lalu serve berubah menjadi server atau pemberi layanan pada pihak lain. Khusus di dunia hosting, server berarti perangkat yang digunakan untuk melayani penyimpanan data atau file yang berjalan secara otomatis dengan teknologi tertentu.

Lho kalau begitu, berarti tiap orang bisa membuat server sendiri dong? Memang benar, anda bisa membuat server sendiri selama unsur lain mendukung atau tersedia. Berikut beberapa hal yang mesti anda miliki ketika ingin memiliki server sendiri :

Pertama, anda mempunyai perangkat keras berupa komputer atau laptop. Spesifikasi dan tipenya bebas, selama masih normal dan bisa dipakai untuk menyimpan file. Bagi yang saat ini belum punya laptop/komputer maka bisa membelinya terlebih dahulu, second juga tidak apa apa.

Kedua, pengetahuan teknis mengenai langkah langkah merancang server dengan komputer sendiri. Khusus untuk pembahasan mengenai hal ini akan saya ulas pada kesempatan lain.

Ketiga, mempunyai sambungan telepon/telepon kabel. Untuk negara Indonesia, maka setidaknya anda sudah berlangganan paket telkom speedy. Jika kebetulan kondisi tak memungkinkan karena jaringan belum menjangkau wilayah anda, maka anda bisa melakukan ujicoba dengan menyewa telepon sahabat yang anda kenal baik untuk diajak kerja sama.

Keempat, komputer yang anda miliki harus terhubung secara online dengan internet secara terus menerus. Jika anda ingin dikatakan memiliki server yang hidup maka komputer harus selalu terhubung secara online dengan konfigurasi yang benar.

Kendala utama yang biasanya dihadapi adalah bahwa kemampuan komputer terbatas, jika terus terusan dihidupkan maka mengalami penurunan dari segi performa. Anda perlu menyediakan alat pendingin supaya komputer bisa optimal kinerjanya. Kelemahan yang lain adalah server anda tak akan bekerja saat mati lampu dan biaya perawatan relatif lebih mahal.

Jika dihitung hitung memang membuat server sendiri akan membutuhkan biaya lebih tinggi dibandingkan ketika anda menyewa dari jasa penyedia web hosting. Belum lagi pengetahuan teknis yang tidak semua orang menguasainya.

Jika niat anda ingin melakukan  uji coba maka itu tak ada salahnya meskipun akan membutuhkan biaya berlipat lipat dan jauh lebih mahal dibanding saat anda menyewa server di tempat lain. Namun kalau kebutuhan anda tidak terlalu besar atau masih dalam skala biasa maka menyewa web hosting masih lebih menguntungkan dan praktis. Demikian ulasan sederhana mengenai server yang terkait langsung dengan pemanfaatannya di bisnis hosting.